Apakah AIDS?

Apa yang dimaksud dengan “aids”?

readbud - get paid to read and rate articles AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome:

  • Acquired berarti Anda dapat terinfeksi dengan itu;
  • Immune Deficiency berarti melemahnya sistem kekebalan tubuh kita yang memerangi penyakit.
  • Sindrom berarti sekelompok masalah kesehatan yang membuat sebuah penyakit.

AIDS disebabkan oleh virus yang disebut HIV, Human Immunodeficiency Virus.Jika Anda terinfeksi HIV, tubuh Anda akan mencoba untuk memerangi infeksi tsb. Tubuh kita  akan membuat “antibodi,” molekul khusus untuk melawan HIV.

Sebuah tes darah untuk HIV mencari antibodi ini. Jika Anda memiliki mereka dalam darah Anda, itu berarti bahwa Anda telah terinfeksi HIV.Orang-orang yang memiliki antibodi HIV disebut dengan “” HIV-positif.

Orang dengan HIV-positif, atau memiliki penyakit HIV, tidak sama dengan memiliki AIDS. Banyak orang HIV-positif tetapi tidak jatuh sakit selama bertahun-tahun.Selama penyakit HIV berkembang, Secara pelan HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh. Virus, parasit, jamur dan bakteri yang biasanya tidak menimbulkan masalah dapat membuat Anda sangat sakit jika sistem kekebalan tubuh rusak. Ini disebut infeksi oportunistik “.

Bagaimana Anda terserang AIDS?
Anda tidak benar-benar terserang AIDS.Anda mungkin hanya terinfeksi HIV, dan kemudian berkembang menjadi AIDS.Anda dapat terinfeksi HIV dari seseorang yang terinfeksi, bahkan jika mereka tidak kelihatan sakit dan bahkan jika mereka belum diuji HIV-positif. Darah, cairan vagina, air mani, dan air susu ibu dari orang yang terinfeksi HIV memiliki cukup virus di dalamnya untuk menginfeksi orang lain.Kebanyakan orang mendapatkan virus HIV oleh:

  • berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi.
  • berbagi jarum (obat suntik) dengan seseorang yang terinfeksi
  • lahir ketika ibu mereka terinfeksi

Mendapatkan transfusi darah yang terinfeksi  biasanya menjadi cara orang terkena AIDS, namun sekarang persediaan darah disaring sangat hati-hati dan risikonya sangat rendah.Tidak ada dokumentasi kasus HIV yang ditularkan melalui air mata atau air liur, tetapi adalah mungkin untuk terinfeksi HIV melalui seks oral atau dalam kasus yang jarang terjadi melalui ciuman, terutama jika Anda memiliki luka terbuka di mulut atau gusi berdarah.

Apa yang terjadi jika saya HIV positif?
Anda mungkin tidak tahu apakah Anda terinfeksi oleh HIV. Beberapa orang mengalami demam, sakit kepala, sakit otot dan sendi, sakit perut, kelenjar getah bening yang bengkak, atau ruam kulit selama satu atau dua minggu. Kebanyakan orang menganggap itu flu.Beberapa orang tidak memiliki gejala. Virus akan menggandakan dirinya di tubuh Anda selama beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum sistem kekebalan tubuh meresponnya. Selama waktu ini, Anda tidak akan terdeteksi terserang HIV, tetapi Anda dapat menginfeksi orang lain.

Ketika sistem kekebalan tubuh merespon, maka tubuh akan mulai membuat antibodi. Ketika ini terjadi, Anda akan dinyatakan positive terserang HIV. Setelah gejala pertama seperti flu, beberapa orang dengan HIV tetap sehat selama sepuluh tahun atau lebih. Tetapi selama waktu ini, HIV merusak kekebalan sistem tubuh .salah satu cara untuk mengukur kerusakan sistem kekebalan tubuh adalah dengan menghitung sel CD4 milik Anda. Sel-sel ini, juga disebut “T-helper” sel, merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.Orang yang sehat memiliki antara 500 dan 1.500 CD4 + sel dalam mililiter darah.

Tanpa perawatan, sel CD4 Anda kemungkinan besar akan turun. Anda akan mulai timbul gejala dari HIV seperti demam, keringat malam, diare, atau pembengkakan kelenjar getah bening. Jika Anda memiliki penyakit HIV, masalah ini akan berlangsung lebih dari beberapa hari, dan mungkin berlanjut selama beberapa minggu.

Bagaimana saya tahu jika saya terserang aids?
Penyakit HIV menjadi AIDS ketika sistem kekebalan tubuh rusak secara serius. Jika Anda memiliki kurang dari 200 sel CD4 + atau jika persentase CD4 + kurang dari 14%, Anda dinyatakan terserang AIDS. Jika Anda terserang infeksi oportunistik, Anda memiliki AIDS. Adapun ciri-ciri umum infeksi oportunistik adalah:

  • PCP (Pneumocystis pneumonia), infeksi paru-paru;
  • KS (Sarkoma Kaposi), kanker kulit;
  • CMV (sitomegalovirus), infeksi yang biasanya mempengaruhi mata; dan
  • Candida, infeksi jamur yang dapat menyebabkan sariawan (sebuah lapisan tipis berwarna putih di dalam mulut) atau infeksi di tenggorokan atau vagina.

Penyakit yang terkaitdengan AIDS juga termasuk kehilangan berat badan, tumor otak, dan masalah kesehatan lainnya.Tanpa pengobatan, infeksi oportunistik ini dapat membunuh Anda.AIDS berbeda pada setiap orang yang terinfeksi. Beberapa orang meninggal beberapa bulan setelah terinfeksi, sementara yang lain hidup cukup lama dan hidup normal selama bertahun-tahun, bahkan setelah mereka “resmi” terserang AIDS. Seseorang dengan  HIV-positif beberapa tetap sehat selama bertahun-tahun bahkan tanpa memakai obat anti-HIV.

Apakah ada obat untuk AIDS?
Tidak ada obat untuk AIDS.Ada obat yang dapat memperlambat virus HIV, dan memperlambat kerusakan sistem kekebalan tubuh. Tidak ada cara untuk “menyembuhkan” HIV keluar dari dalam tubuh.Obat-obatan yang lain hanya dapat mencegah atau mengobati infeksi oportunistik (IO).Dalam kebanyakan kasus, obat-obatan ini bekerja dengan baik. Yang lebih baru, obat anti-HIV yang lebih kuat hanya membantu mengurangi kebanyakan IO. Beberapa IO, bagaimanapun, masih sangat sulit diobati.

Sumber :Bloodindex.net

5 Komentar (+add yours?)

  1. muslimshare
    Jul 06, 2010 @ 00:24:03

    terima kasih kunjungan baliknya..
    link blog ini sudah dipasang dimuslimshare ‘blog sahabat’ kolom sebelah kiri

  2. verdy17
    Jul 05, 2010 @ 22:23:14

    amit2 kena aids

  3. muslimshare
    Jul 05, 2010 @ 22:14:38

    nice posting..🙂

    tuker link ya?
    muslimshare
    http://muslimshare.wordpress.com

    kalo uda dipasang, jangan lupa mampir tar dilink balik

wirausaha online kontak jodoh

Iklan Rumah

%d blogger menyukai ini: